elemen

Kata elemen berasal dari kata Latin elementum yang berarti "bagian-bagian dasar yang mendasari sesuatu". Perkembangan kata ini di bahasa Latin sangat dipengaruhi oleh kata Bahasa Yunani στοιχεῖον (stoicheion), akar kata persisnya yang tak dikenal.
Elemen klasik 
Elemen klasik adalah suatu konsep yang digunakan oleh para filosof kuno untuk menjelaskan terjadinya pola-pola di alam. Versi Yunani dari konsep ini telah ada sejak zaman pra-Socrates dan bertahan melewati Abad pertengahan dan masuk sampai masaRenaisans, secara mendalam memberikan pengaruh cara berpikir dan budaya orang-orangEropa; akan tetapi konsep ini jauh lebih tua telah dikenal di Timur Jauh, dan secara luas tersebar di India dan Republik Rakyat Cina, di mana konsep tersebut membentuk dasar dariBuddhisme dan Hinduisme, secara khusus dalam suatu konteks esoteris.
elemen klasik tiongkok
Menurut tradisi Tiongkok klasik, gejala-gejala alam dapat dikelompokkan ke dalam Lima Unsur atau Lima Elemen (Chinese: 五行; Hanyu Pinyin: wǔxíng): kayu, api, tanah/bumi, logam/emas, dan air (木, 火, 土, 金, 水; mù, huǒ, tǔ, jīn, shǔi). Kelima unsur ini digunakan untuk menjelaskan interaksi dan hubungan antara gejala-gejala alam. Kelima unsur ini juga saling mendukung dan menghancurkan satu sama lain sehingga membentuk lingkaran unsur. Pada masing-masing hubungan terdapat filosofinya yang diamati dari gejala-gejala alam.
Unsur pendukung:
kayu menyalakan api;
api menghasilkan tanah (debu/abu);
tanah mengandung logam;
logam mengumpulkan air dan
air menumbuhkan kayu.

Unsur penghancur/pemusnah:
kayu membelah tanah;
tanah menyerap air;
air memadamkan api;
api mencairkan logam dan
logam memotong kayu.

elemen klasik yunani

Elemen klasik versi Yunani terbagi ke dalam empat jenis, yaitu tanah, api, udara dan air.
Elemen-elemen klasik YunaniElemenLambang
 tanah
 api
 udara
 air
sumber:
wikipedia




Anda sedang membaca Artikel mengenai elemen http://mughits-sumberilmu.blogspot.com/2012/03/elemen.html Anda boleh Copy serta Share Artikel elemen ini kepada teman anda, serta letakkan Link elemen sebagai Sumbernya Terima Kasih.

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Mengenai Artikel Diatas
Komentar Anda Sangat Berarti Buat kami.
Terima Kasih Atas Partisipasi Anda

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.