Pengertian Guru dan Ustadz

Pengertian Guru dan Ustadz
Secara etimologi kata guru berasal dari bahasa India yang artinya orang yang mengajar tentang kelepasan dari sengsara. Sedangkan dalam bahasa Arab guru dikenal dengan kata al-mu’alim atau al-ustadz yang bertugas memberikan ilmu dalam majelis taklim.
Jadi al-Mu’alim atau alustadz mempunyai pengertian sebagai orang yang mempunyai tugas untuk membangun aspek spriritualitas manusia.
Adapun pengertian guru secara umum adalah seseorang yang memiliki tugas sebagai fasilitator siswa dapat belajar dan mengembangkan potensi dasar dan kemampuannya secara optimal, melalui lembaga pendidikan sekolah, baik yang didirikan oleh pemerintah maupun oleh masyarakat atau swasta. Sedangkan Zakiyah Daradjat menyatakan bahwa pengertian guru adalah pendidik profesional karena guru telah menerima dan memikul beban dari orang tua untuk ikut mendidik anak-anak.
 Dalam hal ini orangtua tetap sebagai pendidik yang pertama 
 sedangkan guru adalah tenaga profesional yang membantu orang tua untuk mendidik anak-anak pada jenjang pendidikan sekolah. Dari pengertian di atas ternyata terdapat sebagian orang yangmengartikan guru hanya sebagai pengajar. Sedangkan dalam lain memandang guru adalah sebagai seorang pendidik.
Guru adalah bapak rohani bagi peserta didik yang memberikan santapan jiwa dengan ilmu, pembinaan akhlak mulia dan meluruskan perilakunya yang buruk oleh karena itu pendidikan mempunyai kedudukan tinggi dalam Islam.
Pengertian Guru dan Ustadz

Anda sedang membaca Artikel mengenai Pengertian Guru dan Ustadz http://mughits-sumberilmu.blogspot.com/2011/10/pengertian-guru-dan-ustadz.html Anda boleh Copy serta Share Artikel Pengertian Guru dan Ustadz ini kepada teman anda, serta letakkan Link Pengertian Guru dan Ustadz sebagai Sumbernya Terima Kasih.

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Mengenai Artikel Diatas
Komentar Anda Sangat Berarti Buat kami.
Terima Kasih Atas Partisipasi Anda

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.