Cari Blog Ini

Nama Muhammad Bin Abdul Wahhab adalah Nama yang Bagus Tapi Mengapa Dia Malah Menjadi Fitnah Buat Islam?

Nama Muhammad Bin Abdul Wahhab adalah Nama yang Bagus Tapi Mengapa Dia Malah Menjadi Fitnah Buat Islam?
Sebuah pertanyaan yang dilayangkan kepada saya kemaren saat saya membuka email.Saya sempat ternyenyum melihat pertanyaan seperti ini,dan saya kebingungan untuk memosting di Blog Sumber Ilmu ini,karena nanti akan banyak mendapat protes dari kalangan Wahhabiyun,sedangkan di Internet kaum Wahabilah yang lebih dominan daripada kaum Sunni (Ahlus Sunnah Wal Jama'ah)
namun karena sampai 2x kali saya dikirimi pertanyaan yang sama,akhirnya saya coba posting saja,bagaimana jawaban saya mengenai Pertanyaan "Nama Muhammad Bin Abdul Wahhab adalah Nama yang Bagus Tapi Mengapa Dia Malah Menjadi Fitnah Buat Islam?"
Pertanyaan: Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Kepada Admin beserta jajaran Admin Blog Sumber Ilmu yang Disayang Allah
Saya mau bertanya mengenai nama,karena di Blog Sumber Ilmu ada penjelasan pentingnya nama yang baik.
dengan nama yang baik dan bagus,maka penyandang nama bisa baik dan bagus juga,namun kenapa,Muhammad bin abdul wahhab tidak bagus,malah menjadi fitnah besar buat islam dan ummat muslim,padahal namanya sangat bagus?
Atas perhatian dan jawabannya saya ucapkan terima kasih banyak.
TTD:
Hamba Tuhan yang sangat Awam.
Jawaban:
Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh.
Terima kasih kembali buat akhi Hamba Tuhan yang sangat Awam.dan saya mohon maaf atas jawaban saya yang sangat lambat ini.saya juga mohon maaf karena tidak bisa banyak memberikan penjelasan beserta dalil-dalil yang sangat shareh dikarenakan keterbatan pengetahuan saya dan keterbatasan referensi yang saya punya.
langsung saja kepada pertanyaan anda "Nama Muhammad Bin Abdul Wahhab adalah Nama yang Bagus Tapi Mengapa Dia Malah Menjadi Fitnah Buat Islam?"
ada banyak kemungkinan kenapa nama yang baik ternyata tidak membuat si penyandang nama tidak baik seperti namanya,mungkin secara singkat seperti yang anda maksud.
nama yang baik memang tidak bisa menjamin orang itu baik,dan hal itu banyak penyebabnya.
1. nama itu doa.dan doa itu bisa makbul dan bisa mardud.
Mungkin saja orang yang mempunyai nama yang baik namun kenyataannya dia tidak baik dikarenakan,namanya tidak cukup sebagai penopang/pendorong untuk merubahnya menjadi orang yang baik,karena untuk menjadi orang yang baik,kita bukan hanya butuh nama yang baik,namun juga butuh hal hal yang lain.(dalam hal ini akan saya jelaskan dalam kesempatan yang lain).
2. Istitsna'
tiap tiap sesuatu itu biasanya ada Istitsna' (pengecualian)
Istitsna' itu bukan hanya ada dalam ilmu nahwu,ushul fiqih,ushulut tafsir dan ilmu-ilmu islam lainnya,namun juga ada di kehidupan nyata.
3. Ta'bir atau Tamtsil
Contoh atau perumpamaan bahwasanya tidak semua hal yang bagus akan selalu membawa kepada kebagusan,dengan begitu kita kan terus berhati-hati dan akan terus berusaha untuk menjadi baik/bagus.
Contoh Istitsna' dan Ta'bir: Kan'an Putra Nabi Nuh AS.
Mungkin untuk sementara ini,cukup sekian dari saya.semoga penjelasan saya ini bermanfaat.Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.