Cari Blog Ini

AL-ILMU DAN AL-MA'RIFAH

assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh. setelah saya membahas MUQADDIMAH (ushulut tafsir)
lalu saya teruskan dengan adat dan urf dan 'amal (ushul) sekarang kita lanjutkan ke pembahasan al-ilmu dan al-ma'rifah.
sebenarnya saya bimbang untuk meneruskan ini,karna sepertinya saya sudah membahas ini sebelumnya.
saya coba cari di arsip blog ini tapi tidak ketemu,karna tidak ketemu lalu saya putuskan untuk menulisnya.
langsung saja pada persoalan AL-ILMU DAN AL-MA'RIFAH
العلم: معرفة المعلوم
ilmu adalah mengetahui
المعرفة: العلم
ma'rifah adalah: ilmu
bingung ya?
memang begitu yang diterangkan dalam kitab,tapi tenang saja saya akan kasih sedikit penjelasan.
mengenai AL-ILMU DAN AL-MA'RIFAH ini sebenarnya ulama' memang memang mempunyai banyak pendapat,tapi disini saya akan membahas menurut kitab ushulul qur'an ATTAYSIR fi ilmil wushul.
al-ilmu itu mengetahui sesuatu dengan panca indra,contoh:
anda mengetahui rasanya cabe itu pedas atau anda mengetahui rasanya gula itu manis adalah ilmu,karna tahunya anda dikarenakan memakai panca indra (lidah) yang merasakan rasanya cabe atau gula tadi.
al-ma'rifah itu mengetahui sesuatu tanpa dengan panca indra,seperti tahunya anda bahwa tuhan itu ada.
padahal anda tidak melihat atau menyentuh tuhan.
maka dari itu para awliya' disebut al-'arif billah.
sudah faham ya?
semoga anda sudah faham dan semoga tulisan ini bermanfaat amin.
wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Mengenai Artikel Diatas
Komentar Anda Sangat Berarti Buat kami.
Terima Kasih Atas Partisipasi Anda

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.